Artikel Terbaru

8 Tanaman Sukulen Indoor Terbaik Yang Dapat Hidup Pada Kondisi Minim Cahaya



Pada artikel hari ini, kami akan menampilkan beberapa tanaman sukulen terbaik yang dapat di rawat dalam ruangan dengan kondisi minim cahaya.

Ketika kebanyakan orang di sini di berpikir tentang tanaman sukulen, pikiran mereka mengarah ke semua jenis kaktus yang berbeda yang tumbuh di padang pasir dengan panas matahari yang menyinari setiap tanaman.

Meskipun begitu ada beberapa tanaman sukulen yang tumbuh subur di bawah sinar matahari langsung, ada juga beberapa tanaman sukulen yang justru tumbuh subur di kondisi minim cahaya. Foto dari Pinterest Jorena.id

Baca Juga Artikel Ini,


Apa Arti Minim Cahaya untuk Tanaman?

Banyak orang benar-benar tidak mengerti apa artinya minim cahaya dalam hal tanaman. Kondisi minim cahaya untuk tanaman berarti tidak adanya sinar matahari langsung. 

Oleh karena itu, minim cahaya dapat berarti apa saja mulai dari tanaman yang tumbuh subur di tempat teduh hingga tanaman yang tumbuh paling baik di bawah sinar matahari tidak langsung yang terang.

Fakta sederhananya, ada banyak tanaman termasuk sejumlah sukulen yang sebenarnya lebih menyukai sinar matahari tidak langsung daripada sinar matahari langsung. Oleh karena itu, untuk menemukan tanaman sukulen yang dapat hidup saat kondisi minim cahaya tidaklah sulit.

Kami merekomendasikan beberapa tanaman sukulen ini untuk kamu pertimbangkan jika ingin menanamnya di lingkungan tempat tinggalmu atau mungkin kebun kesayanganmu.

Meskipun semua tanaman dalam artikel ini dapat ditanam di dalam ruangan, sebagian besar juga dapat ditanam di luar ruangan dengan cuaca yang ekstrem.

Inilah 8 Tanaman sukulen indoor terbaik yang dapat hidup pada kondisi minim cahaya yang kami rekomendasikan, 

1. Jade Plant

Foto dari Pinterest Jorena.id

Berasal dari Afrika Selatan, Jade Plant adalah tanaman yang cukup mudah untuk dirawat di dalam ruanganmu. Tanaman sukulen ini toleran terhadap cahaya rendah dan kondisi air rendah. Tanaman sukulen ini memiliki batang berkayu yang tebal dan daun berwarna hijau tua mengkilap berbentuk lonjong.

Tanaman sukulen ini tumbuh lambat, tinggi tanaman ini dapat mencapai ketinggian antara 3 dan 6 kaki. Jade Plant memang membutuhkan banyak sinar matahari tidak langsung untuk tumbuh dengan baik dan cocok untuk ditempatkan di dekat jendela yang menghadap ke selatan atau barat.

2. Zebra Plant

Foto dari Pinterest Jorena.id

Zebra Plant berasal dari Afrika Selatan dan Brasil. Tanaman sukulen ini tumbuh lambat meskipun akan mencapai ketinggian 1 hingga 6 kaki seiring waktu.
Zebra Plant dikenal karena daunnya yang hijau dengan garis-garis putih dan merupakan tanaman sukulen hias yang bagus, dan sangat cocok untuk ditanam di dalam ruanganmu, karena hanya membutuhkan sedikit perawatan.

Tanaman sukulen ini dapat tumbuh dengan baik saat terkena sinar matahari tidak langsung dan tanah lembab.

3. Ponytail Palm

Foto dari Pinterest Jorena.id

Ponytail Palm berasal dari Meksiko dan benar-benar dapat tumbuh subur dalam kondisi minim cahaya. Tanaman sukulen ini dinamakan Ponytail Palm karena bentuk daunnya yang terlihat seperti kuncir kuda.

Tanaman sukulen yang tumbuh lambat ini dapat tumbuh hingga 6 kaki saat ditanam di dalam ruangan dan perlu dipangkas dari waktu ke waktu. Kamu harus menyimpan tanaman di ruangan dengan suhu minimal 60 derajat Fahrenheit.

4. Aloe Vera

Foto dari Pinterest Jorena.id


Tanaman Aloe Vera atau yang sering kita sebut Lidah Buaya merupakan tanaman sukulen lainnya yang dapat hidup dalam kondisi minim cahaya. Tanaman sukulen ini dikenal karena daunnya yang berwarna hijau terang berdaging tebal yang menyimpan air.  

Tanaman ini bersifat menahun, berasal dari Jazirah Arab, dan tanaman liarnya telah menyebar ke kawasan beriklim tropis, semi-tropis, dan kering di berbagai belahan dunia. 

Baca Juga Artikel Ini,


Tanaman lidah buaya banyak dibudidayakan untuk pertanian, pengobatan, dan tanaman hias, dan dapat juga ditanam di dalam pot.

Tanaman ini juga dikenal dengan kualitas penyembuhannya karena gel dari tanaman ini digunakan secara topikal untuk luka bakar, luka sayat, dan goresan. 

5. Panda Plant

Foto dari Pinterest Jorena.id

Panda Plant juga merupakan salah satu tanaman sukulen terbaik untuk tumbuh dalam kondisi minim cahaya. Tanaman sukulen ini paling baik ditanam di dalam ruangan.

Panda Plants adalah tanaman sukulen unik yang berbulu halus dengan daun tebal berwarna biru/hijau dengan titik-titik hitam. Daun yang tebal menahan air memungkinkan tanaman sukulen ini untuk tumbuh subur dalam kondisi kekeringan.

6. Burro’s Tail

Foto dari Pinterest Jorena.id

Tanaman sukulen ini berasal dari Meksiko, dinamai Burro Tail karena daunnya yang menjuntai yang terlihat seperti ekor keledai. Ekor daun tanaman ini berwarna hijau kebiruan. Panjang ekor tanaman ini bisa mencapai 4 kaki dari waktu ke waktu.

Meskipun tanaman ini menyukai sinar matahari, tanaman ini perlu dinaungi dari sinar matahari siang yang cerah yang dapat membakar tanaman. Jadi, pastikan meletakkannya dalam kondisi minim cahaya di dalam ruanganmu.

Tanaman ini toleran terhadap kondisi kekeringan dan sangat sensitif terhadap penyiraman yang berlebihan. Tanaman sukulen ini juga dapat ditanam di luar ruangan. Tanaman ini dapat menghasilkan bunga berwarna merah atau merah muda.

7. Blue Chalksticks

Foto dari Pinterest Jorena.id

Blue Chalksticks juga dikenal sebagai Senecio Serpens berasal dari Afrika Selatan. Tanaman sukulen ini tidak aktif selama bulan-bulan saat musim panas dan tumbuh selama musim dingin.  

Perawatan tanaman ini cukup mudah dengan dedaunan berwarna biru / hijau bubuk dan tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari penuh atau juga kondisi minim cahaya.

Tanaman sukulen ini juga dapat tumbuh dengan baik di luar ruangan, dan menjadikannya tanaman hias yang cukup menarik. Saat ditanam di luar Blue Chalksticks dapat mencapai ketinggian 1 hingga 2 kaki dan menarik bagi kupu-kupu. 

8. Snake Plant

Foto dari Pinterest Jorena.id

Snake Plant juga tanaman sukulen yang dapat hidup pada kondisi minim cahaya, berasal dari Asia dan Afrika Selatan. 

Tanaman sukulen yang menarik ini memiliki daun berbentuk seperti pedang yang tumbuh lurus ke atas. Daunnya dari waktu ke waktu berwarna hijau dan kuning beraneka ragam.

Tanaman sukulen ini cocok diletakkan di dalam rumahmu karena dapat menyaring udara, membuang racun, dan mengubah karbon dioksida menjadi oksigen.

Tanaman sukulen ini dapat tumbuh dengan ketinggian mulai dari 6 inci hingga 8 kaki dan tumbuh dengan baik dalam kondisi minim cahaya dari naungan hingga sinar matahari tidak langsung. 

Baca Juga Artikel Ini,



Kesimpulan


Ada beberapa tanaman sukulen yang dapat hidup dalam kondisi minim cahaya di dalam ruangan, tetapi tanaman di atas termasuk tanaman sukulen yang populer dan mudah dirawat. Silahkan tulis di kolom komentar, jika kamu mengetahui beberapa jenis tanaman sukulen lainnya.


Sumber:

1. Wikipedia.org : Aloe Vera (Lidah Buaya)
2. Rumah.com : Sukulen: 9 Cara Merawat dan Jenis Tanamannya
3. Cnnindonesia.com : Jenis-Jenis Tanaman Sukulen Indoor yang Menarik
4. Wolipop.detik.com : 7 Jenis Sukulen, Tanaman Hias yang Bisa Ditanam Indoor
5. Bobo.grid.id : Tak Khawatir Layu, Ini 5 Jenis Tanaman Sukulen Indoor yang Tumbuh Subur Walau Tak Sering Disiram
6. Rukita.co : 10 Jenis Tanaman Sukulen Cantik yang Bisa Dipajang di Dalam Rumah tanpa Disiram
7. Dekoruma.com : 8 Jenis Sukulen Paling Nge-Hits Untuk Hiasi Rumahmu

0 Komentar

© Copyright 2023 - jorena