Artikel Terbaru

Ini Dia 10 Jenis Tanaman Hias Indoor Yang Dapat Mempercantik Ruangan



Keindahan tanaman membuat sebagian orang ingin memeliharanya dan bahkan dijadikan sebagai hiasan indoor alias hiasan dalam ruangan. Setidaknya terdapat 10 jenis tanaman hias indoor paling cantik dan unik yang bisa dipilih sebagai penambah dekorasi ruangan. 

Kesepuluh jenis tanaman hias indoor ini terbilang memiliki tampilan yang sangat cantik dan unik. Dengan meletakkan tanaman hias ini pada suatu ruangan, tentunya akan menambahkan kesan elegan dan warna tersendiri pada sebuah ruangan. Foto dari Pinterest Jorena.id

Baca Juga Artikel Ini,


Tak hanya itu, sejumlah tanaman tersebut juga memiliki manfaat tersendiri baik itu bagi manusia maupun bagi lingkungan di sekitarnya. Lantas apa saja contoh tanaman hias indoor tersebut? Untuk mengetahuinya, coba baca ulasan di bawah ini dengan baik.


1. Daun Asparagus

Asparagus Plant. Foto dari Pinterest Jorena.id


Asparagus Fern atau daun asparagus memiliki bentuk daun yang kecil dan batangnya yang tumbuh memanjang sehingga terkesan cantik dan elegan. Tanaman hias satu ini sangat cocok diletakkan di sudut atau pojok ruangan guna mengisi sisi kosong di antara perabotan rumah atau ruang lainnya.

Meski bernama asparagus, tanaman hias ini masih termasuk dalam keluarga Liliaceae. Tanaman hias tersebut tidak terlalu membutuhkan cahaya matahari yang banyak dan pertumbuhannya sangatlah cepat. Selain sebagai dekorasi ruangan, daun asparagus juga memiliki fungsi lainnya, yaitu sebagai penyaring udara kotor dalam ruangan.


2. Lidah Mertua

Sansevieria. Foto dari Pinterest Jorena.id


Tanaman bernama lidah mertua (Sansevieria) ini paling sering dijadikan sebagai tanaman hias dalam rumah. Lidah mertua memiliki daun yang berbentuk pipih dan tumbuh memanjang ke atas. Warnanya sendiri agak kekuningan sehingga sangat cocok untuk memberikan warna yang berbeda di sudut ruangan.

Meski tanaman hias ini dapat tumbuh dalam berbagai kondisi apapun, ada baiknya untuk tetap meletakkannya di ruangan yang teduh dan tidak terpapar langsung dengan cahaya matahari yang terik. Selain itu, cukup siram secukupnya saja sebab lidah mertua tidak terlalu memerlukan air yang banyak.


3. Peace Lily

Peace Lily Plants. Foto dari Pinterest Jorena.id


Tanaman dengan nama Peace Lily ini juga termasuk dalam 10 jenis tanaman hias indoor paling cantik dan unik untuk dijadikan sebagai dekorasi ruangan. Tanaman satu ini cocok untuk ditaruh di bagian ruang manapun asal ada lampu neon sebagai penerangnya.

Baca Juga Artikel Ini,


Peace lily mempunyai daun yang berwarna hijau pekat dan bunganya sendiri berwarna putih. Kombinasi warna yang cantik ini bisa menjadikan peace lily sebagai dekorasi meja di ruangan tengah. Tak hanya berfungsi sebagai hiasan, tanaman peace lily ini juga mampu menyaring udara yang kotor.


4. Cocor Bebek

Cocor Bebek. Foto dari Pinterest Jorena.id


Tanaman cocor bebek yang mempunyai bunga sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai hiasan indoor. Cocor bebek sendiri memiliki bunga yang cantik dengan warna merah cerah. Untuk menjadikannya sebagai hiasan, maka dapat dilakukan dengan meletakkannya di ruangan yang terpapar sinar matahari agar dapat berfotosintesis dengan baik.

Tak hanya menjadi tanaman hias, cocor bebek ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Tanaman satu ini dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan luka, menghilangkan nyeri ketika sakit gigi, meredakan sakit kepala, serta menghilangkan jerawat pada kulit wajah.


5. Lidah Buaya

Lidah Buaya. Foto dari Pinterest Jorena.id


Tanaman hias dengan nama lidah buaya ini menjadi bagian dari 10 jenis tanaman hias indoor paling cantik dan unik untuk mengisi kekosongan sebuah ruangan. Tanaman satu ini merupakan tanaman yang mempunyai kandungan air yang cukup banyak pada bagian dalam batangnya.

Tanaman lidah buaya sangatlah menyukai sinar matahari dan tidak membutuhkan banyak air. Maka dari itu, lidah buaya cocok diletakkan di dekat jendela dan tidak perlu disiram air secara berlebihan. Selain cantik dan unik, ternyata tanaman ini juga dapat dimanfaatkan sebagai solusi untuk mengatasi luka bakar ringan serta menyuburkan rambut.


6. Tillandsia

Tillandsia Plants. Foto dari Pinterest Jorena.id


Merupakan salah satu tanaman hias yang dapat dirawat di dalam ruangan dan tidak membutuhkan media tanah untuk mengembangbiakkannya. Tanaman Tillandsia dapat ditanam menggunakan teknik terrarium atau menanam di dalam toples atau botol.

Tanaman hias Tillandsia mempunyai daun berwarna hijau yang tumbuh memanjang dengan ukuran tidak terlalu besar. Tanaman satu ini membutuhkan cahaya matahari serta sirkulasi udara yang baik sehingga harus diletakkan di ruangan yang mempunyai udara yang bagus serta terjangkau sinar matahari.


7. Tanaman ZZ

ZZ Plants. Foto dari Pinterest Jorena.id


Tanaman dengan nama unik ini juga termasuk dalam 10 jenis tanaman hias indoor yang sangat mudah untuk dirawat. Tanaman hias satu ini tumbuh dengan lambat serta tidak terlalu membutuhkan banyak air sehingga dapat disiram setiap beberapa minggu sekali saja. Tanaman ZZ dapat tumbuh subur di kondisi cahaya apapun sehingga dapat diletakkan di ruangan mana saja.

Tanaman satu ini bahkan mampu memurnikan udara serta menghilangkan racun seperti Xylene dan Toluene dari lapisan atmosfer. Tanaman ZZ sendiri dikenal sebagai "Pohon Keberuntungan" dalam kepercayaan Feng Shui yang dianggap dapat membawa hoki dan kekayaan bagi yang memilikinya.


8. Nanas Bromelia

Nanas Bromelia. Foto dari Pinterest Jorena.id


Tanaman nanas Bromelia ini juga menjadi bagian dari 10 jenis tanaman hias indoor yang mempunyai tampilan begitu unik. Buah nanas pada tanaman ini sepenuhnya hanyalah hiasan dan tidak bisa dikonsumsi. Tanaman ini berbeda dengan tanaman lainnya karena dapat melepaskan O2 (oksigen) di malam hari.

Dengan adanya pelepasan oksigen ini akan membuat ruangan menjadi lebih sejuk dan segar saat malam hari. Selain itu, tanaman nanas ini juga melepaskan enzim Bromelain yang mampu mengurangi intensitas dengkuran pada manusia saat tidur. Sangat unik namun juga bermanfaat bagi tubuh bukan?


9. Kaktus

Kaktus. Foto dari Pinterest Jorena.id


Meski mempunyai tubuh yang kecil dan berduri, ternyata tanaman kaktus mempunyai manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh. Tanaman yang begitu mudah untuk dirawat ini mampu mengurangi efek radiasi layar komputer serta alat elektronik lainnya. Tanaman kaktus sendiri cocok untuk diletakkan di meja atau dekat jendela sebagai hiasan mungil di tengah keramaian kota.

Tanaman kaktus umumnya membutuhkan paparan sinar matahari selama 4-6 jam sehari dan tidak memerlukan banyak air. Oleh karena itu, ada baiknya untuk meletakkan tanaman kaktus ini di ruangan dengan intensitas cahaya matahari yang cukup dan tidak disiram air secara berlebihan.


10. Spider Plant

Spider Plants. Foto dari Pinterest Jorena.id


Tanaman spider plant menjadi salah satu bagian dari 10 jenis tanaman hias indoor yang terbilang sangat unik. Jika biasanya tanaman hias diletakkan di atas meja atau di sudut ruangan, maka tanaman spider plant ini justru digantung.

Sesuai dengan namanya, tanaman satu ini mempunyai bentuk seperti kaki laba-laba. Daunnya berwarna hijau muda keputih-putihan serta berbentuk tipis memanjang dan biasanya akan tumbuh keluar dari pot. Agar hiasan ini terlihat lebih hijau dan menarik, maka ada baiknya untuk menanam spider plant lebih dari satu pot.

Demikian pembahasan lengkap mengenai 10 jenis tanaman hias indoor paling cantik dan unik sebagai pengisi kekosongan bagian dalam ruangan. Dari penjelasan di atas, kira-kira tanaman mana yang sesuai dan cocok untuk hiasan ruangan pada rumah sendiri? Seluruh tanaman hias di atas dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan atau juga sesuai dengan selera masing-masing.

Baca Juga Artikel Ini,



Sumber:

1. Bukalapak.com : 10 Tanaman Indoor Terbaik Untuk Mempercantik Rumah Kamu

2. Rumah.com : 21 Tanaman Indoor Kaya Manfaat untuk Mempercantik Rumah

3. Kompas.com : 10 Rekomendasi Tanaman Hias Indoor Beserta Manfaatnya



0 Komentar

© Copyright 2023 - jorena