Pejabat Gubernur Gorontalo Himbau Warga Untuk Sukseskan Sensus Pertanian 2023 Mendatang


Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya (tengah) foto bersama dengan Kepala BPS Mukhamad Mukhanif. (Isam/Diskominfotik)

Jorena - Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya mengimbau warganya untuk menyukseskan sensus pertanian 2023 di Gorontalo yang akan berlangsung 1 Juni – 30 Juli. Sensus itu dinilai penting untuk memperoleh data profil pertanian secara komprehensif. Dikutip dari laman gorontaloprov.go.id

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya pelaku usaha di sektor pertanian, perikanan dan kehutanan di Gorontalo untuk menyukseskan Sensus Pertanian 2023. Tinggal beberapa hari lagi sensus ini akan dimulai,” kata Ismail Pakaya saat menerima Kepala BPS Provinsi Gorontalo di Rumah Jabatan.

Sebagai daerah yang mengandalkan sektor pertanian untuk menggerakkan ekonomi, Penjagub Ismail berharap ST2023 menjadi pijakan membangun daerah. Kekuatan, hambatan, tantangan dan kelemahan pertanian bisa terdata dengan baik.

“Oleh sebab itu saya berharap saat sensus nanti berikan jawaban yang benar dan jujur supaya kredibilitas data bisa dipertanggungjawabkan dan dimanfaatkan dengan baik,,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala BPS Provinsi Gorontalo Mukhamad Mukhanif juga melaporkan tentang perkembangan registrasi sosial ekonomi (regsosek). Saat ini BPS sedang melakukan forum konsultasi publik di tingkat desa untuk mengkonfirmasi data yang terkumpul.

“Forum ini untuk mengkonfirmasi pengkategorian kami mana yang masuk sangat miskin, miskin, rentan miskin dan tidak miskin. Dari forum ini akan ada perubahan mana yang seharusnya miskin, tidak miskin dan seterusnya,” ujar Khanif.

Ia berharap forum konsultasi publik memperoleh dukungan dari penjagub, bupati, wali kota hingga camat dan desa. Hasil akhirnya akan diinput kembali dan menjadi hasil akhir regsosek.

Baca juga artikel ini,


1. gorontaloprov.go.id: Penjagub Imbau Warga Gorontalo Sukseskan Sensus Pertanian 2023