Info VIRAL TERBARU. Join Here

Panduan Lengkap Peserta Seleksi Akademik Calon Mahasiswa PPG dan Unduh Pakta Integritas Format Word Tinggal Edit !

Panduan Lengkap Peserta Seleksi Akademik Calon Mahasiswa PPG dan Unduh Pakta Integritas Format Word Tinggal Edit !
Proses Seleksi Akademik Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG): Menyaring Calon Guru Berkualitas

Panduan Peserta Seleksi Akademik Calon Mahasiswa PPG dan Unduh Pakta Integritas Format Word

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) menjadi salah satu jalur yang penting dalam mencetak calon-calon guru yang berkualitas di Indonesia. Proses seleksi akademik menjadi tahapan yang krusial dalam menentukan siapa saja yang layak untuk mengikuti program ini. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi secara mendalam tentang proses seleksi akademik mahasiswa PPG.

Pertama-tama, penting untuk memahami bahwa seleksi akademik ini bertujuan untuk memastikan bahwa calon mahasiswa PPG memiliki kemampuan akademik yang memadai untuk menyelesaikan program ini dengan baik. Tahapan ini juga merupakan langkah awal dalam mengidentifikasi potensi serta dedikasi calon mahasiswa terhadap profesi guru.

Salah satu komponen utama dalam seleksi akademik ini adalah ujian tertulis. Ujian ini mencakup berbagai materi seperti pengetahuan umum, kemampuan verbal dan matematika, serta pengetahuan bidang studi yang akan diajarkan. Tujuannya adalah untuk mengukur pemahaman calon mahasiswa terhadap materi-materi dasar yang relevan dengan tugas-tugas seorang pendidik.

Selain ujian tertulis, beberapa institusi juga menerapkan tes kemampuan berbahasa Inggris. Mengingat pentingnya kemampuan berbahasa Inggris dalam konteks global saat ini, tes ini memberikan gambaran kepada pihak penyelenggara PPG tentang sejauh mana kemampuan bahasa Inggris calon mahasiswa tersebut, yang nantinya akan memudahkan mereka dalam memperoleh informasi dan sumber belajar dari berbagai sumber internasional.

Selain itu, kinerja akademik sebelumnya juga menjadi pertimbangan dalam proses seleksi. Transkrip nilai dari jenjang pendidikan sebelumnya, baik itu diploma atau sarjana, memberikan pandangan tentang keberhasilan akademik calon mahasiswa. Hal ini penting karena menunjukkan kemampuan konsistensi dan komitmen dalam mengejar keunggulan akademik.

Namun, seleksi akademik bukanlah satu-satunya faktor yang dipertimbangkan dalam proses penerimaan mahasiswa PPG. Aspek non-akademik seperti pengalaman kerja, kepemimpinan, serta motivasi juga turut diperhitungkan. Hal ini karena menjadi seorang guru tidak hanya membutuhkan pengetahuan akademik yang solid, tetapi juga keterampilan interpersonal dan dedikasi yang tinggi terhadap profesi.

Selanjutnya, setelah melalui serangkaian tahapan seleksi akademik dan non-akademik, calon mahasiswa yang terpilih akan masuk ke dalam program PPG. Program ini biasanya memiliki kurikulum yang intensif dan terstruktur dengan baik, yang dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang guru yang efektif.

Dalam proses seleksi akademik mahasiswa PPG, tujuan utama adalah untuk menyeleksi individu yang memiliki potensi untuk menjadi guru yang berkualitas. Oleh karena itu, proses ini memerlukan pendekatan yang holistik yang mempertimbangkan baik aspek akademik maupun non-akademik dari calon mahasiswa. Dengan demikian, diharapkan setiap mahasiswa PPG yang terpilih akan mampu menginspirasi dan membimbing generasi mendatang dengan baik, sehingga mewujudkan sistem pendidikan yang lebih baik di Indonesia.

Berikut Panduan Peserta Seleksi Akademik Calon Mahasiswa PPG dan Unduh Pakta Integritas Format Word dapat dilihat pada informasi dibawah ini:



 


Tata Tertib Ujian
1. Pelaksanaan Seleksi Akademik (Pre Test) Tahun 2024 ini dengan metode daring pada domisili masing-masing 

2. Panduan Installasi dan Aplikasi CBT Seleksi Akademik (Pre Test) 2024 bisa diunduh disini

3. Peserta wajib bergabung ke Grup WhatsApp sesuai yang tertera di kartu test maksimal tanggal 01 Maret 2024.
 
4. Link zoom pelaksanaan dan arahan teknis lainnya akan diinformasikan melalui Grup WhatsApp 

5. Peserta harus mengikuti Tes sesuai jadwal dan waktu yang sudah ditentukan 

6. Peserta harus masuk di ruang Zoom paling lambat 45 menit sebelum pelaksaan Simulasi maupun Pelaksanaan Tes. 

7. Spesifikasi laptop yang harus disiapkan yaitu layar minimal 10", Sistem Operasi minimal Windows 8 32 bit atau MacOS versi 10, RAM minimal 2GB, Storage minimal 10GB, audio berfungsi dengan baik, baterai dalam keadaan berfungsi dengan baik (bisa disiapkan charger). 

8. Spesifikasi Handphone (HP) yang harus dipersiapkan yaitu camera dan audio yang berfungsi dengan baik, terpasang aplikasi WhatsApp dan Zoom dan indentitas nama di WhatsApp dan Zoom sesuai nama lengkap peserta. 

9. Sepesifikasi kuota internet yang harus dipersiapkan yaitu minimal 10GB dengan jaringan yang stabil. 

10. Spesifikasi ruang ujian yang harus dipersiapkan yaitu dengan ukuran lebih dari 2 meter persegi, tenang, nyaman, pencahayaan yang cukup dan tanpa ada orang lain. 

11. Pada saat pelaksaan tes peserta harus membawa kartu test yang sudah ditandatangi dan KTP asli 

Baca juga:
"Belajarlah dari masa lalu, lakukanlah hari ini, dan berharaplah untuk hari esok. Intinya jangan pernah menyerah untuk Masa Depan."
© Jorena. All rights reserved. Developed by Jago Desain